Alumni Prodi Sp1 Patologi Anatomik FK Unair dari seluruh Indonesia tidak ketinggalan ikut mendukung pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis FK Unair ke-69 serentak di 37 titik se-Indonesia. Lokasi yang dipilih adalah wilayah Kelurahan Gomong, Kecamatan Salaparang Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dalam kesempatan kali ini, penyuluhan difokuskan pada 2 topik yang berkaitan budaya dan fenomena yang terjadi di masyarakat setempat , yaitu  Pencegahan Merariq Kodeq (menikah di bawah umur) utk Mencegah Terjadinya Stunting oleh Dr.dr.Lina Nurbaiti, M.Kes. FISPH, FISCM yang juga selaku direktur RS Universitas Mataram. Topik berikutnya adalah Pentingnya Skrining Limfadenopati pada Anak Stunting untuk Mendeteksi Terjadinya Infeksi TBC kelenjar oleh Dr.Hj. Fathul Djannah, dr. Sp.P.A. Suasana penyuluhan berlangsung sangat meriah, dihadiri oleh pejabat setempat yaitu Bapak Lurah Gomong dan Ibu Lurah yang juga sebagai Ketua TP PKK Kelurahan Gomong, Anggota Dewan Kota Mataram, Kepala Puskesmas Gomong, Kepala lingkungan, serta para alumni Prodi PA dengan sasaran peserta yaitu Ibu-ibu dengan anak stunting, remaja  Karang Taruna, Kader posyandu, tim penggerak PKK, pegawai puskesmas serta pegawai  kelurahan orang, dengan total peserta 100 orang.

Para peserta sangat antusias dalam bertanya dalam diskusi dan berinteraksi dalam kuis karena topik yang dibahas merupakan masalah yang mereka alami sehari-hari.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan contoh menu sehat yang menampilkan video demo memasak dan pembagian resep masakan sederhana namun lezat dan kaya gizi. Bagi anak stunting yang hadir, dilakukan pula pemeriksaan fisik skrining adanya limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening) sebagai deteksi awal adanya TBC kelenjar yang juga menjadi salah satu penyebab stunting, diakhiri dengan pembagian PMT dan multivitamin.

source
https://unair.ac.id

By masSe