Assalam Business Training merupakan salah satu kegiatan wajib untuk memenuhi syarat kelulusan magang Assalam Internship Program. Kegiatan ini terdiri atas 3 rangkaian acara yaitu pemberian materi tentang manajemen finansial bagi mahasiswa, dilanjutkan dengan pemberian materi langkah berbisnis dalam islam, dan diakhiri dengan penugasan mengenai promosi bisnis. Ketiga rangkaian acara tersebut diberikan pada hari yang sama. Materi tersebut dilanjutkan dengan games dan diikuti juga dengan acara Assalam Da’i Training oleh divisi SIAS Assalam  

Peserta Assalam Business Training dibagi berdasarkan kelompok mereka yang telah dibagi oleh Assalam Internship Program. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemberian tugas kepada peserta. Menggunakan kelompok yang sama dengan kelompok Assalaim Internship Program juga memudahkan panitia karena sudah tersedia fasilitator untuk setiap kelompok Assalam Internship Program sehingga tidak perlu merekrut panitia tambahan.  

Tahun ini Assalam Business Training berjalan seiringan dengan Assalam Da’i Training untuk membuat jadwal yang efisien untuk memberi jadwal untuk melakukan kegiatan Assalam lainnya, keuntungan yang didapat dengan menjalankan kedua acara ini bersamaan adalah penggabungan panitia sehingga terdapat banyak panitia yang bisa bekerja.  

Walaupun sudah dipersiapkan dengan lumayan baik, dalam perancangan Assalam Business Training ini ada beberapa kendala yang dialami panitia. Salah satu dari masalah tersebut adalah kurangnya komunikasi dan diskusi yang menyebabkan soft file proposal Assalam Business Training dikumpulkan sangat mendekati tenggat waktu, juga surat yang keluar dari kemahasiswaan kehilangan 5 lembar halaman sehingga memerlukan dicetak lagi dan dikumpulkan melewati tenggat waktu dan dana RKAT tidak turun. Namun, karena acara Assalam Business Training dijalankan berbarengan dengan Assalam Da’i Training kita bisa memperoleh dana dari panitia Assalam Da’i Training. Selain itu, banyak rencana awal perlu diganti karena keterbatasan waktu yang harus digunakan Assalam Business Training dan juga Assalam Da’i Training. Salah satu rencana yang diganti adalah rencana untuk medatangkan 2 pemateri dipotong menjadi 1 pemateri saja namun tetap mencakup 2 materi.    

Secara keseluruhan, Assalam Business Training tahun ini berjalan dengan lancar namun masih banyak hal yang masih bisa diperbaiki lagi. Berdasarkan pengalaman Assalam Business Training tahun ini, diharapkan pada tahun berikutnya dan kedepannya proposal kegiatan Assalam Business Training dapat dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat dan juga dapat dikerjakan dengan lebih teliti. Diharapkan juga mendapat pemateri yang bisa membawa materi menarik dan juga dapat berinteraksi dengan peserta dengan baik.

Penulis: Akmal Wicaksono Kedokteran 2022

The post Assalam Business Training (ABT) 2023 appeared first on Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id

By masSe