Biomedical Practical Simulation (BIOPSI) merupakan kegiatan tentiran yang dilaksanakan untuk mahasiswa muslim semester satu. Kegiatan ini berisi tentiran pembahasan latihan soal praktikum biologi kedokteran yang dilaksanakan departemen INTEL Assalam. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa semester satu dalam menghadapi ujian praktikum blok biologi kedokteran. Serta sebagai sarana memperkuat ukhuwah islamiyah utamanya bagi mahasiswa muslim semester satu.

Biomedical Practical Simulation (BIOPSI) telah diadakan pada Minggu, 12 November 2023. BIOPSI diikuti oleh 164 mahasiswa baru, hal ini telah melebihi jumlah peserta yang ditargetkan. Pelaksanaan BIOPSI 2023 dilakukan secara offline berbeda dengan tahun lalu yang diadakan secara online. Bertempat di RK Anatomi, pelaksanaan BIOPSI 2023 berjalan dengan lancar, mahasiswa baru sangat antusias mengikuti tentiran dan aktif bertanya. Mahasiswa yang aktif bertanya dan tiga mahasiswa yang mendapatkan nilai pre-test tertinggi mendapat reward dari panitia.

Pemilihan tanggal pengganti pelaksanaan BIOPSI dari 7 Oktober 2023 menjadi 12 November 2023 sangat tepat mengingat di tanggal 15 – 16 November mahasiswa semester 1 akan mengadakan ujian praktikum biologi kedokteran. Mahasiswa semester 1 dapat memaksimalkan persiapan dan pengetahuan mereka untuk mengerjakan ujian. Hal ini mendukung adanya interaksi yang efektif antar pemateri dan peserta. Sedikit pesan dari kami untuk pelaksanaan BIOPSI selanjutnya agar mencari tahu mekanisme ujian yang akan dihadapi peserta dan materi apa saja yang diberikan dosen untuk mereka sekiranya terjadi perubahan.

Terdapat beberapa evaluasi dari BIOPSI 2022 yaitu pelaksanaan kegiatan secara online sehingga peserta kurang aktif memberikan feedback. Oleh karena itu, kami membuat 3 inovasi untuk mengatasi hal tersebut pada BIOPSI 2023 yaitu memberikan tips and trick menghadapi ujian praktikum biologi kedokteran, memberi reward kepada mahasiswa yang aktif bertanya, dan para pemateri yang lebih interaktif. Sebanyak 164 peserta merasa BIOPSI membantu persiapan untuk ujian biologi kedokteran. Hal tersebut menunjukkan bahwa 100% peserta merasa persiapan ujiannya terbantu dengan BIOPSI. Peningkatan nilai pada post test juga menunjukkan bahwa BIOPSI berhasil meningkatkan kesiapan mahasiswa baru dalam menghadapi ujian praktikum biologi kedokteran.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pemateri, panitia, kakak tingkat, serta para mahasiswa baru atas kerjasamanya sehingga acara Biomedical Practical Simulation (BIOPSI) dapat berjalan dengan baik. Kami selaku panitia memohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan BIOPSI 2023, semoga tahun depan BIOPSI dapat berjalan lebih baik lagi.

“Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu diantara kamu sekalian.” (Q.S. Al-Mujadilah : 11).

Penulis : Maritza Fiorenza, Kedokteran 2022, Syavira Dwi, Kedokteran 2022

source
https://unair.ac.id

By masSe