Posted on

Tentu seluruh orang sempat hadapi tekanan pikiran. Umumnya, dalam keadaan tekanan pikiran, kita kerap merasakan perut nyeri sampai terasa mual. Indikasi tersebut mirip dengan asam lambung. Mengutip Kompas. com, tekanan pikiran serta rasa takut memanglah dapat jadi aspek pemicu menaiknya asam lambung ataupun refluks asam. Demikian pula kebalikannya. Asam lambung bisa membuat tekanan pikiran serta menimbulkan kecemasan pada sebagian orang.

Lalu, apa kaitan takut ataupun tekanan pikiran dengan menaiknya asam lambung?

Asam lambung naik terjalin kala asam dari lambung bocor kembali ke pipa santapan, ataupun tenggorokan. Gastroesophageal reflux disease( GERD) merupakan sebutan buat refluks asam persisten. Kecemasan merupakan respons natural terhadap tekanan pikiran dalam badan. Kebalikannya, tekanan pikiran pula dapat merangsang kecemasan. Terdapat sebagian fakta yang menampilkan kalau tekanan pikiran serta kecemasan bisa merangsang refluks asam ataupun memperparah indikasi. Ambil contoh, suatu riset 2018 yang mengaitkan lebih dari 19. 000 orang menciptakan kalau mereka yang takut lebih bisa jadi hadapi indikasi GERD. Perihal ini terjalin sebab kecemasan bisa kurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian dasar, yang ialah pita otot yang melindungi lambung senantiasa tertutup serta menghindari asam bocor ke tenggorokan.

Respons tekanan pikiran serta kecemasan bisa menimbulkan ketegangan otot yang bertahan lama. Bila ini pengaruhi otot- otot di dekat perut, perihal itu dapat tingkatkan tekanan pada organ serta mendesak asam ke atas. Tingkatan kecemasan yang besar bisa tingkatkan penciptaan asam lambung. GERD merangsang tekanan pikiran serta takut Periset pula sudah mencatat kalau GERD bisa jadi sumber tekanan pikiran serta kecemasan yang signifikan untuk orang- orang. Pada tahun 2019, para periset mencatat kalau orang dengan GERD yang hadapi perih dada mempunyai tingkatan tekanan mental serta kecemasan yang jauh lebih besar daripada mereka yang tidak hadapi perih di bagian badan ini. Pengamat pula menganjurkan kalau orang bisa mengaitkan indikasi semacam perih dada dengan keadaan lain yang lebih sungguh- sungguh, tingkatkan kecemasan mereka tentang indikasi ini.

Campuran dari faktor- faktor ini bisa membolehkan bundaran setan tumbuh. GERD bisa menimbulkan tekanan pikiran serta kecemasan, tetapi tekanan pikiran serta kecemasan pula berkontribusi terhadap GERD. Kamu dapat meredam indikasi GERD dengan menjauhi santapan faktor GERD serta komsumsi antasida yang dijual leluasa di apotik. Dokter pula bisa merekomendasikan mengambil langkah- langkah spesial buat kurangi ataupun menghindari kecemasan, yang dapat jadi faktor GERD. Langkah kurangi kecemasan, antara lain: 1. Bertanya ke handal kesehatan mental 2. Kurangi konsumsi kafein 3. Menjauhi alkohol serta narkoba 4. Berlatih metode melenyapkan tekanan pikiran, semacam yoga, meditasi, ataupun tai chi.

www.unair.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.