Posted on

Bisa jadi terdapat yang berpikir, dibanding mandi dengan air biasa, mandi air hangat lebih baik terlebih buat orang lanjut umur( Lanjut usia). Tetapi kenyataannya, lanjut usia tidak disarankan buat mandi memakai air hangat. Perihal ini sebab kulit mereka cenderung kering serta mandi dengan air hangat hendak memperkering kulit.

Perihal ini di informasikan oleh dokter. Hasnikmah Mappamasing, Sp. KK, Meter. Kes dalam penyuluhan kesehatan kulit pada lanjut usia di IRJ RSUD Dokter. Soetomo, Surabaya.

“ Dalam pemukaan kulit ada lemak- lemak yang gunanya melindungi kelembabannya. Jika mandi dengan air hangat, lemak- lemak itu dapat larut,” terangnya dalam Dedikasi Warga Kementerian Ilmu Kesehatan Kulit serta Kelamin FK UNAIR- RSUD Dokter. Soetomo, Jumat, 26 Agustus 2022.

Andaikan senantiasa mau mandi dengan air hangat, diperbolehkan asalkan intensitasnya tidak kerap. Durasi mandi pula tidak boleh lebih dari 10 menit.

Juga suhunya pula butuh dicermati. Temperatur optimal mandi dengan air hangat merupakan 40 derajat selsius.

Tidak hanya menjauhi mandi dengan air hangat, terdapat sebagian kiat buat melindungi kesehatan kulit pada lanjut usia. Antara lain:

  1. Memadai konsumsi air

Upayakan minum air putih 1, 5 sampai 2 liter tiap harinya.

  1. Mandi dengan Sabun Lembut

Lanjut usia disarankan buat mandi dengan sabun yang lembut. Sabun yang lembut ini merupakan sabun dengan pH ataupun keasaman yang balance.

“ Misalnya dapat dengan memakai sabun balita daripada sabun mandi biasa,” tambahnya.

  1. Pakai Pelembab Sehabis Mandi

Disarankan buat memakai pelembab sehabis mandi. Kenapa sehabis mandi sebab dikala itu pori- pori basah sehingga lebih gampang meresap pelembab.

  1. Batasi waktu paparan cahaya Hp serta Layar( Screentime)

Warnanya, paparan cahaya layar pula dapat menimbulkan kulit kering. Perihal ini sebab Sinarnya dapat diresap sesuatu senyawa di kulit menimbulkan stress oksidatif yang kesimpulannya mengganggu kolagen di kulit.

  1. Pakai tabir surya( sunscreen) 20 menit saat sebelum keluar rumah

Jangan kurang ingat buat memakai tabir surya 20 menit saat sebelum keluar rumah. Ini hendak membatasi paparan langsung cahaya matahari ke kulit yang salah satu akibatnya merupakan kulit kering.

“ Disarankan buat memakai tabir surya minimun SPF 30,” tambahnya.

Tinggal di wilayah tropis, kita pula disarankan buat berpakaian tertutup serta memakai payung buat melindungi kulit dari paparan cahaya UV langsung.

  1. Kelola Stress

Stress emosional ialah salah satu faktor permasalahan kulit. Salah satunya kukit kering. Stress pula bisa pengaruhi imunitas badan sehingga badan gampang hadapi peradangan.

  1. Mengkonsumsi Santapan Sehat

Mengkonsumsi santapan sehat balance pula tidak dapat diabaikan. Memperbanyak mengkonsumsi santapan yang memiliki vit c serta antioksidan.( ISM).

http://www.unair.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.