1 month ago, Posted by: samset02

Daftar Makanan Sumber Lemak Sehat

Lemak adalah salah satu makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa berfungsi optimal. Namun karena maraknya diet di zaman sekarang, banyak yang salah kaprah menangkap bahwa semua lemak itu buruk untuk tubuh. Padahal ada deretan jumlah lemak baik yang bisa membantu munculnya rasa kenyang dan membantu banyak proses metabolisme.

Tubuh membutuhkan lemak untuk menyerap sejumlah nutrisi, seperti vitamin A, D, E, K, serta sejenis lemak lainnya seperti asam lemak omega-3 yang baik untuk mencegah penyakit jantung.

Yang perlu Anda hindari adalah lemak jenuh atau lemak trans yang biasanya berada di makanan olahan dan makanan cepat saji.

Dikutip dari Women's Health, berikut adalah 10 makanan sumber lemak sehat terbaik.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti makerel atau salmon merupakan sumber asam lemak sehat omega-3 terbaik. Dalam 28,3 gram ikan berlemak ini, terdapat 142 kalori, 6 gram lemak, dan 20 gram protein.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat tidak jenuh yang baik untuk jantung, tinggi serat, serta mengandung potasium lebih banyak dari pisang. Dalam 64 gram alpukat terdapat 117 kalori, 11 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 5 gram serat.

3. Kelapa

Kelapa mengandung trigliserida rantai sedang, jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh untuk energi kilat dan memiliki sifat antiinflamasi. Mengonsumsi daging kelapa bisa membantu Anda mendapatkan lemak sehat tersebut. Dalam 28,3 gram kelapa memiliki 99 kalori, 9 gram lemak, 4 gram karbohidrat, 2 gram gula, dan 1 gram protein.

4. Greek Yogurt

Greek yogurt kaya lemak sehat yang bisa Anda kombinasikan dengan buah-buahan sebagai sarapan atau cemilan yang memberikan Anda asupan kalsium, vitamin C, serat, protein, dan probiotik yang sehat bagi usus. Dalam 96 gram yogurt terdapat 165 kalori, 9 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 7 gram gula, dan 15 gram protein.

5. Kacang-kacangan

Mengonsumsi beragam jenis kacang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan lemak sehat. Kacang-kacangan bisa juga dikonsumsi dengan mencampurkannya dalam oatmeal, pancake, waffle, atau ke dalam smoothies. Dalam 28,3 gram kacang terdapat 196 kalori, 20 gram lemak, 4 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 3 gram protein.

6. Tahu

Tak banyak yang tahu bahwa protein nabati satu ini juga memiliki kandungan lemak sehat yang cukup banyak. Menumis tahu dengan sayuran bisa menjadi pilihan untuk mengonsumsinya (jangan digoreng). Dalam 128 gram tahu memiliki 151 kalori, 9 gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan 18 gram protein.

7. Edamame

Edamame yang selama ini identik sebagai sumber protein, ternyata juga memberi Anda serat, kalsium, dan lemak sehat. Anda bisa menikmatinya hanya dengan mengukusnya dan menjadikannya cemilan sehat. Dalam 128 gram edamame terdapat 188 kalori, 8 gram lemak, 14 gram karbohidrat, 8 gram serat, dan 19 gram protein.

8. Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari mengandung vitamin E dan selenium, merupakan pilihan sumber lemak sehat terbaik jika Anda memiliki alergi kacang-kacangan. Dalam 28,3 gram terdapat 165 kalori, 14 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 6 gram protein.

9. Biji chia

Biji chia adalah salah satu makanan bernutrisi, dengan kandungan lemak sehat dan banyak mineral di dalamnya. Per 28,3 gram biji chia terdapat 138 kalori, 9 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 10 gram serat, dan 5 gram protein.

10. Telur

Selain jadi sumber protein dan lemak sehat yang mengenyangkan, telur juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanin yang merupakan dua karotenoid esensial bagi kesehatan mata. Dalam satu butir telur sedang terdapat 74 kalori, 5 gram lemak, dan 6 gram protein.

Sumber: suaracom


Post Views: 44


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved