1 year ago, Posted by: samset02

Kandungan Gizi Dimsum dari Ikan Patin

Dim sum merupakan makanan merupakan makanan dari daerah Tiongkok yang cukup populer di Indonesia. Dim sum disajikan dalam bentuk snack berukuran kecil, baik dengan cara dikukus maupun digoreng. Dim sum apabila dikukus memiliki tekstur yang lembut, dan apabila digoreng memberikan tekstur yang renyah, sehingga dim sum cocok untuk dikonsumsi oleh semua kelompok umur masyarakat terutama balita karena dapat diolah sesuai selera. Pembuatan dim sum berbahan baku ikan patin dapat menjadi alternatif makanan tambahan (snack) bagi balita.

Pemberian makanan balita yang padat gizi adalah program perbaikan gizi keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan balita. Makanan tambahan dapat berasal dari sumber protein hewani dan nabati, sayur, buah yang mencakup pangan lokal (Kemenkes RI, 2012). Zat gizi yang penting dalam pertumbuhan balita adalah protein. Fungsi dari protein yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, adalah memelihara jaringan tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak. Bayi dan balita memiliki kebutuhan zat gizi yang relatif lebih besar dibandingkan orang dewasa karena bayi dan balita dalam masa pertumbuhan yang pesat. Sumber protein dapat diperoleh dari makanan hewani maupun nabati, diantaranya adalah ikan patin.

Ikan Patin (Pangasius sp) merupakan ikan air tawar yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan protein per 100 gram ikan patin adalah 17%. Ikan patin mengandung asam amino lisin yang tinggi hal ini baik untuk mengaktifkan hormon pertumbuhan Human Growth Hormon (HGH). Hormon HGH bertanggung jawab untuk meningkatkan massa otot, membakar lemak, serta mengatur sistem imun bagi balita. Pengolahan ikan patin selama ini masih terbatas pada pengolahan dengan digoreng, maupun ditumis, sehingga perlu dilakukan pengolahan yang lebih variasi dan menarik untuk balita. Selain dim sum mempunyai banyak manfaat untuk balita, makanan ini bisa dibuat sendiri dan lebih terjamin kebersihan dan keamanannya daripada makanan cepat saji.

 

 

 

 

 

Sumber: https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/download/6093/7781 


Post Views: 644


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved