2 years ago, Posted by: samset02

Cegah Anemia dengan Ubi Ungu

Melihat judul tentang ubi ungu bisa mencegah anemia, apa bisa? Jawabannya adalah bisa. Terdapat banyak makanan yang bisa mencegah dan melawan serta mengobati anemia, anemia adalah gangguan darah yang umum terjadi pada masyarakat. Seorang dikatakan mengalami anemia ketika sel-sel darah merah atau konsentrasi hemoglobinnya rendah. Fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Jadi pada saat hemoglobin kurang, seseorang cenderung mengalami lemas bahkan jadi cepat lelah.

Siapa yang terkena anemia?

Baik laki-laki dan perempuan sebenarnya punya peluang untuk terkena anemia, akan tetapi peluang perempuan terkena anemia lebih besar dikarenakan perempuan setiap bulannya mengalami menstruasi. Tingkat anemia perempuan meningkat apabila orang tersebut adalah vegetarian.

Pada sebagian orang yang vegetarian (tidak mengkonsumsi daging) akan cenderung lebih besar terkena anemia megaloblastik. Beberapa waktu lalu menemukan sebuah artikel yang berjudul Cegah Anemia Megaloblastik pada Vegan dengan Konsumsi Nutritional Yeast dan Ubi Ungu, dipaparkan bahwa terdapat banyak sekali manfaat apabila mengkonsumsi ubi ungu.

Mengapa vegetarian yang sering terkena anemia?

Defisiensi vitamin B12 dan asam folat menjadi penyebab utama terjadinya anemia megaloblastik pada vegan atau vegetarian, formulasi makanan dinilai perlu  untuk menyediakan makanan yang terdiri dari sumber vitamin B12 dan asam folat untuk masyarakat vegan. Sumber vitamin B12 dan asam folat tersebut berupa nutritional yeast dan ubi ungu (Ipomoea Batatas L.) yang merupakan bahan substitusi dan penambahan tepung kedelai pada produk snack bar. Ubi memiliki kandungan besi yang bisa mengaktifkan kembali sel darah merah dan dengan demikian akan meningkatkan suplai darah oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Perlu diketahui juga, apabila seseorang melakukan diet sangat disarankan untuk menambah daftar ubi ungu kedalam list makanan diet. Selain sebagai pengganti nasi, ubi juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

 

 

 

 

 

Sumber: https://fkm.unair.ac.id/cegah-anemia-megaloblastik-pada-vegan-dengan-konsumsi-nutritional-yeast-dan-ubi-ungu/


Post Views: 683


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved