2 years ago, Posted by: samset02

Eksistensi Jurusan Kesehatan Masyarakat

Tidak banyak orang yang tahu apa itu kesehatan masyarakat, bidang kesehatan yang diketahui oleh masyarakat pada umumnya hanyalah kedokteran, farmasi, bidan maupun perawat. Banyak orang yang meremehkan peran mahasiswa kesehatan masyarakat dalam kehidupan, tapi tidak sedikit pula orang yang sadar akan pentingnya didirikan fakultas kesehatan masyarakat di universitas di seluruh Indonesia, termasuk Universitas di Surabaya yakni Universitas Airlangga telah mendirikan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Pentingnya kesehatan masyarakat dalam hal apa?

Meningkatnya kompleksitas dalam kehidupan menyebabkan banyak orang mengabaikan pentingnya kesehatan. Padahal kalau kita sakit, pekerjaan kita akan terbengkalai dan tidak terurus. Maka dari itu peran dari lulusan kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan andilnya dalam hal ini. Tidak sampai disitu saja, banyak orang yang mempertanyakan nanti kalau lulus kerjanya apa? mungkin karena kurangnya informasi dan publikasi banyak orang yang kurang berminat untuk menjadi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat padahal banyak sekali loh keuntungannya.

Keuntungannya seperti apa?

Bidang kesehatan itu tidak melulu berhubungan dengan penyakit-penyakit. Sesungguhnya Fakultas Kesehatan Masyarakat memiliki beberapa peminatan seperti K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Gizi Masyarakat, Administrasi Kesehatan Masyarakat, dan masih banyak lagi. Dengan menjadi mahasiswa kesehatan masyarakat, kita dapat belajar bagaimana sikap yang harus dilakukan bila menghadapi suatu masalah yang berhubungan dengan bidang yang kita ambil. Contohnya, bila kita mengambil peminatan gizi masyarakat, kita dapat ikut mencarikan solusi terkait adanya kasus gizi buruk di beberapa wilayah di Indonesia. Selain itu, dapat ikut berkontribusi untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Tidak sampai disitu, tenaga kesehatan khususnya di bidang kesehatan masyarakat diharapkan mengetahui bahwa masih ada orang-orang yang kurang beruntung yang tidak  mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Perlu disadari bahwa tidak semua orang mampu mengakses layanan kesehatan, dari sinilah upaya seperti penyediaan posko layanan kesehatan gratis dilakukan agar masyarakat yang tidak bisa mengakses layanan kesehatan bisa turut serta untuk berobat, maupun cek kesehatan. Lulusan kesehatan masyarakat juga dapat membantu masyarakat yang belum tercukupi kebutuhan kesehatannya

 

 

 

 

 

Sumber: https://fkm.unair.ac.id/ , Kompasiana[dot]com

 


Post Views: 616


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved