2 years ago, Posted by: samset02

Peluang Kuliah Kesehatan Masyarakat

Ilmu kesehatan masyarakat adalah salah satu minat studi yang digemari oleh lulusan SMA di Indonesia. Entah mengapa, pilihat minat studinya seakan menarik minat. Pada bidang kesehatan masyarakat, kita dapat belajar tentang cara membuat kebijakan kesehatan masyarakat, mengembangkan program perawatan medis, menganalisis statistik kesehatan, atau bekerja di komunitas yang mendidik tata cara untuk tetap sehat. Seiring dengan kian beragamnya sebuah pekerjaan, maka lulusan Prodi kesehatan masyarakat dapat memilih untuk bekerja di sekolah, perusahaan pemerintah atau swasta.

Minat Studi Kesehatan Masyarakat

Jika merujuk pada informasi yang ada pada Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga misalnya, dari sana dapat kita ketahui bahwa bidang ilmu kesehatap masyarakat mencakup juga ilmu tentang gizi, administrasi kebijakan kesehatan, kesehatan dan keselamatan kerja, epidemiologi, hingga kesehatan lingkungan. 

Jadi dalam hal ini,  pengertian ilmu kesehatan masyarakat merujuk pada ilmu dan seni yang memiliki tujuan untuk mencegah timbulnya penyakit, memperpanjang masa hidup, dan mempertinggi nilai kesehatan. Hal itu dapat dilakukan, tentunya dengan menyatukan, mengkooordinir, dan menyalurkan usaha-usaha memberantas penyakit, mendidik masyarakat, agar dapat mencapai tingkatan hidup yang tinggi.

Jadi, kesehatan adalah kondisi sehat, yang mencerminkan keadaan yang baik, stabil, baik itu secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial budaya. Karenanya, manusia dapat menjalani kehidupannya dengan baik, sebagai manusia. Sementara masyarakat, merupakan kelompok hidup manusia, yang memiliki kesatuan sosial dan batas-batas. Oleh karena itu, ilmu kesehatan masyarakat lebih banyak berbicara tentang usaha masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan hidup, agar dapat produktif.

Gelar Keilmuan

Lulusan sarjana kesehatan masyarkat, diharapkan mampu menjadi tenaga kesehatan yang ahli. Ahli kesehatan masyarakat mengupayakan, agar orang yang sehat, tidak menjadi sakit. Sementara yang sakit, tidak menjadi semakin parah sakitnya. Mereka diharapkan dapat meningkatkan derajad kesehatan masyarakat. 

Adapun gelar sarjana kesehatan masyarakat ternyata sempat mengalami pergulatan. Sebelumnya, sarjana kesehatan masyarakat bergelar SKM. Namun setelah diterbitkannya Permendikbud Nomor 154 tahun 2014, lulusan program studi S1 kesehatan masyarakat, berubah menjadi S.Kes (Sarjana Kesehatan). Gelar S.Kes pun tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan prodi kesehatan masyarakat, namun juga diberikan kepada lulusan prodi lai, seperti S1 kesehatan lingkungan atau ilmu gizi. 

 

 

 

Sumber: https://fkm.unair.ac.id/


Post Views: 607


Leave a comment

Comments

clean 9 weight loss

It's awesome in support of me to have a website, which is good in support of my experience. thanks admin

1 month ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved